Posted by : Mandiri Bali Tuesday, October 30, 2012

Desain kamar mandi adalah sebuah ruangan yang berfungsi sebagai tempat seseorang membersihkan badan, kamar mandi dapat juga disertai dengan tempat cuci tangan dan toilet. Ruangan ini memerlukan perhatian khusus sehingga kegiatan mandi di kamar mandi dapat berlangsung dengan nyaman dan yang tidak kalah penting adalah dari sisi kebersihan sehingga tercipta hunian sehat. secara umum terdapatdua jenis kamar mandi yaitu sistem kering dan basah. di Indonesia banyal menggunakan sistem basah menyesuaikan kebiasaan mandi sebagian besar masyarakat namun beberapa daerah perkotaan terdapat beberapa gedung yang menggunakan sistem kering dengan memakai bak mandi atau bath tub sehingga lantai tetap kering, untuk toilet menggunakan tipe duduk sedangka tempat cuci tangan memakai wastafel untuk memastikan kondisi ruangan tetap kering.



Untuk kamar tidur utama dapat diletakan didalamnya sebuah kamar mandi yang biasa disebut dengan en-suite sehingga memudahkan dalam menuju ke ruangan tersebut, namun pada ruangan jenis ini perlu diperhatikan kebersihanya seperti bau yang tidak sedap atau air yang tercecer, untuk mengatasi bau dapat menggunakan exhaust fan atau pengharum ruangan sedangkan untuk mencegah air masuk ke kamar tidur dapat menggunakan kain keset. untuk pipa plumbing diatur sedemikian rupa sehingga arus keluar masuknya dapat berjalan dengan lancar, pemasangan keramik lantai dibuat miring menuju floor drain agar mempercepat mengalirnya air menuju instalasi pipa air kotor. untuk ventilasi sebaiknya dipakai jendela boven yang berada diatas dengan material penghalang pandangan dari luar sehingga tidak digunakan untuk mengintip orang mandi dari bagian luar  hal ini perlu dibuat dalam bentuk gambar kamar mandi yang bagus untuk dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan.

Kamar mandi umum
Untuk daerah pedesaan yang mempunyai rasa gotong royong tinggi seringkali membuat kamar mandi umum yang selain berfungsi sebagai tempat mandi juga untuk bertemunya antar warga sehingga aktifitas gosip dan bertukar pikiran juga dapat dilakukan diarea mandi. Kamar mandi umum juga banyak dibangun di fasilitas publik seperti terminal bus, stasiun kereta api dan tempat umum lainya dimana untuk menggunakannya dikenakan biaya kebersihan yang besarnya antara Rp.500,00 sampai dengan Rp.2000,00 tergantung lokasi dan fasilitas yang disediakan oleh pengusaha toilet.

Sanitair kamar mandi
Beberapa aktiftas diruangan ini memerlukan perlengkapan sanitair untuk mendukung kegiatan yang masing-masing mempunyai bentuk dan fungsi tersendiri yang diantaranya adalah
1.    Bak mandi ( Bath Tub ) untuk mandi
2.    Wastafel sebagai tempat cuci muka dan tanga.
3.    Cermin toilet yang diletakan diatas wastafel.
4.    Closet sebagai tempat membuang air besar terdapat dua tipe yaitu duduk dan jongkok
5.    Floor drain untuk saluran pembuangan air kotor bekas mandi.
6.    Tempat sabun
7.    Tempat tisu pada toilet kering
8.    Gantungan baju dan handuk.
Berbagai hal dapat dilakukan untuk membuat desain kamar mandi sehingga tercipta sebuah ruangan yang nyaman dan enak untuk digunakan, selamat mandi di kamar mandi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Konsultasi Property

Contact mandiri

Bank Mandiri KPR
Jl. Gajah Mada No.3 Denpasar - Bali

0361 - 7827257 (mobile)
081 735 6982 (mobile)
25F262AE (pinbb)
0361 - 234646 (fax)
email : kpr@bankmandiri.info

Info Pilihan

Followers

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

- Copyright © 2013 KPR BANK MANDIRI -Putu Tamiarta- Powered by Blogger - Designed by Putu Tamiarta -